Pengertian Strategi Pemasaran
Persaingan yang ketat saat ini
memaksa perusahaan untuk menggunakan strategi-strategi pemasaran yang
benar-benar tepat, guna tercapainya tujuan yang telah ditetapkan oleh
perusahaan ataupun untuk mempertahankan kelangsungan hidupnya. Tujuan
kegiatan pemasaran di sini adalah untuk mempengaruhi konsumen agar
bersedia membeli barang atau jasa perusahaan pada saat mereka
membutuhkan.
Karena itu perusahaan harus dapat memahami perilaku
konsumen tersebut serta mengetahui strategi-strategi pemasaran yang
harus dilakukan, agar dapat mencapai tujuan yang diinginkan. Definisi
strategi pemasaran menurut Kotler (2000: 108), “Marketing Strategy is
the basic approach that the business units use to achieve its objective
and consist of proceed decicions of target market, marketing
positioning, marketing mix, and marketing expenditure levels.”
Dapat diartikan bahwa strategi pemasaran adalah pendekatan pokok yang
digunakan oleh unit bisnis di dalam mencapai sasaran yang di dalamnya
tercantum keputusan-keputusan mengenai target pasar, penempatan produk,
bauran pemasaran, serta tingkat biaya pemasaran yang diperlukan.
Jadi untuk mencapai tujuan perusahaan diperlukan strategi-strategi
pemasaran yang bermanfaat untuk memonitor apa yang dikerjakan dan yang
sedang terjadi di dalam perusahaan serta mengantisipasi masalah dan
kesempatan di masa yang akan datang pada suatu kondisi lingkungan
perusahaan yang berubah dengan cepat.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar